Bunga Puring untuk Sakit Perut

Bunga Puring atau Codiaeum variegatum adalah tanaman hias tropis dari Maluku yang berbentuk semak-semak. Nama lainnya adalah bunga Kotomas. Bunga ini bisa ditanam di tanah pekarangan maupun di dalam pot. Jenisnya sangat banyak dan salah satu favorit para hobiis bunga. Coba googling dengan kata kunci bunga puring, pasti akan ada banyak posting mengenai bunga ini dan aneka gambar tanaman puring yang indah bahkan termahal.

bunga puring4Keistimewaan bunga Puring ada di daunnya yang indah sehingga bunganya jarang diperhatikan. Jenisnya sangat banyak, digolongkan berdasarkan bentuk daun dan warnanya. Bentuk daun Puring ada yang bulat telur, panjang lonjong, mirip panah, dengan bentuk lurus,berombak atau terpeluntir. Warna daunnya merah, kuning, hijau, coklat, atau campuran warna. Sangat cocok dijadikan tanaman hias di dalam maupun di luar rumah.

bunga puring3Bunga puring mudah dikembang biakkan. Cara yang paling banyak adalah distek. Cara lainnya adalah dengan bibit dari bunga puring. Bunga puring yang telah kering akan meledak dan menyebar. Bunganya puring ada 2, jantan dan betina. Gambar di atas adalah gambar bunga jantan karena berciri kelopak bunga berjumlah 5, 1 tangkai kira-kira berisi 20 bunga. Bunga puring betina berwarna kuning dan tidak berkelopak. Perkawinan keduanya menghasilkan biji berdiameter sekirat 9mm. Dalam setiap biji mengandung 3 benih bunga puring.

Khasiat bunga puring

Bunga puring memiliki tannin seperti daun jambu biji sehingga cocok digunakan sebagai obat sakit perut yang melilit pada anak. Caranya dengan menghaluskan segenggam daun puring muda dan dijadikan tapal di perut anak yang sakit. Tannin yang ada di puring akan meresap ke dalam perut.

Beberapa orang dewasa menyukai daun puring kuning sebagai lalapan dengan cara direbus terlebih dahulu.

Galeri bunga Puring/Kotomas/Codiaeum variegatum

bunga puring
Bunga Puring emas

bunga puring2bunga puring batikBunga Puring Batik (Bush on fire)

 Sumber: Wikipedia, Ngasih dan Peggi.

1 comments

Tinggalkan komentar